Sejarah BMW 8 Series

Pada akhir 1970-an dan awal 1980-an, BMW sukses besar. Serangkaian kesuksesan gaya dan komersial dengan Seri E30 3, Seri E28 5, dan Seri E24 6 memenuhi pundi-pundi pembuat mobil dengan uang tunai dan pikiran para insinyurnya dengan ide-ide. Seri 6 generasi pertama (E24), dari tahun 1976 hingga 1989 khususnya, adalah penjualan yang tersayang, mengumpulkan lebih dari 86.000 unit pada akhir masa produksi 13 tahun.

BMW mengarahkan perhatiannya pada grand tourer Aston Martin dan Mercedes-Benz dengan desain awal dan pengembangan konseptual BMW Seri 8 pada tahun 1981. Pada tahun 1986, pengujian teknik dan pra-produksi dimulai, dan setelah menghabiskan biaya pengembangan yang setara dengan $900 juta, BMW Seri 8 E31 membuat debut produksi penuhnya di pameran mobil Frankfurt 1989 sebagai BMW 850i.

Menurut beberapa laporan, 5.000 pesanan jatuh hanya dalam delapan hari pertunjukan; pada musim panas berikutnya, produksi tahunan hampir 12.000 unit terjual habis sampai tahun 1993. Beberapa penggemar berat Bimmer sangat kepincut sehingga mereka lebih dari bersedia membayar lebih dari harga yang diminta — praktik umum saat ini untuk supercar seperti Ferrari dan GT- divisi Porsche, tetapi hampir tidak pernah terdengar pada waktu itu.

Saat diluncurkan, 850i hanya tersedia dengan mesin V-12 5.0 liter. 850i hanya BMW kedua yang mengemas dua belas silinder, setelah 1987-1994 E32 750i. M70 V-12 adalah pembangkit tenaga listrik kontemporer, menawarkan 296 hp dan torsi 332 lb-ft melalui transmisi manual lima kecepatan atau otomatis empat kecepatan. Performanya mengesankan, dengan 0-60 mph tiba di suatu tempat dalam kisaran enam detik yang rendah dan kecepatan tertinggi 155 mph.

Secara visual, E31 (dan masih) spektakuler. Perancang Klaus Kapitza bertujuan untuk koefisien hambatan terendah yang dapat dikumpulkan oleh tim desain dan teknik, yang pada akhirnya memotong siluet rendah dan lentur yang mengiris udara pada koefisien hambatan 0,29 yang tajam. Tidak ingin merusak profil luhur itu, Kapitza memotong pilar-B dari desain, meninggalkan area terbuka yang luas di mana biasanya ada bodywork, dan sebagai gantinya memasang jendela yang tertutup rapat dan sabuk pengaman yang dipasang di kursi untuk mengimbanginya.

1992 BMW 850CSi: Lebih Banyak Tenaga, Kecepatan

Segera setelah itu, 850CSi berperforma tinggi tiba pada tahun 1992, sekarang dengan S70B56 5.6-liter V-12 yang perkasa yang menghasilkan 375 hp dan torsi 406 lb-ft yang sangat mengesankan (untuk era ini). Suspensi baru yang lebih kaku dan kemudi yang lebih tajam dipasang, bersama dengan transmisi manual enam kecepatan standar. Laju 0-60 mph turun ke kisaran lima detik rendah hingga menengah, dan kecepatan tertinggi melonjak menjadi 180 mph — tetapi hanya jika Anda melepas pembatas. Jika tidak, itu tetap terbatas pada Vmax 155 mph yang sama.

BMW 850Ci: Di ​​Antara Tahun

Tepat saat CSi memasuki produksi, 850i berganti nama menjadi 850Ci, meskipun 850i dan 850Ci baru diproduksi bersama-sama selama dua tahun. Menempelkan “C” itu ke decklid belakang juga ditukar dengan M73B54 5.4-liter V-12 baru, sekarang dengan 332 hp dan torsi 361 lb-ft.

1992 BMW 840Ci

Bagi mereka yang menginginkan gaya lebih dari ‘kekuatan penghancur Bahn, entry-level 840Ci turun pada tahun 1992 dengan M60B40 4.0-liter V-8. Performa hampir tidak menurun, dengan 282 hp dan torsi 295 lb-ft; kemudian pada tahun 1995, 840Ci menerima M62B44 4.4-liter V-8 yang meninggalkan tenaga pada 282 hp tetapi meningkatkan torsi menjadi 310 lb-ft.

8 Seri Akhir Produksi

Dengan krisis keuangan yang mendatangkan malapetaka pada ekonomi global pada akhir 1990-an, Seri 8 berjuang untuk merebut kembali tingkat keberhasilan penjualan yang sama seperti yang terlihat pada debutnya, akhirnya meninggalkan produksi setelah model tahun 1999. Setelah inventaris dibersihkan, hanya 30.621 8 Seri dari semua konfigurasi yang meninggalkan pabrik.

Apa Yang Bisa Terjadi?

Sayang sekali E31 mereda menjelang akhir; berjuang penjualan membunuh sejumlah konsep menarik. Seiring dengan varian cabriolet yang masuk akal, prototipe M8 yang sangat keren tidak pernah berhasil diproduksi, meskipun memasuki tahap akhir pengembangan. Selama beberapa dekade, BMW menyangkal keberadaan prototipe semacam itu, hanya untuk mengakui dan mengungkapkan M8 yang sudah mati di tahun 2010. Kami senang kami akhirnya bisa melihatnya, tetapi melihat lembar spesifikasi menyengat sesuatu yang sengit. Dari 6.1-liter DOHC V-12, Ferrari yang berjuang 550 hp dan torsi 368 lb-ft melontarkan M8 ke kecepatan tertinggi 198 mph. Pasangkan ini dengan suspensi M-spec, rem, transmisi manual enam kecepatan, dan penggunaan komponen serat karbon awal secara bebas, dan E31 M8 turun sebagai salah satu “seandainya” terbesar di dunia mobil.

Setelah Seri 8 meninggalkan produksi pada tahun 1999, Seri E63 6 mengambil mantel BMW coupe berbadan besar pada tahun 2003, meskipun baik secara finansial, gaya, dan spiritual, Seri 6 merupakan tindak lanjut dari Seri E24 6 sebelumnya. BMW tidak akan menghasilkan penerus Seri E31 8 yang sebenarnya sampai Seri 8 generasi G15 saat ini.

Ini tidak secanggih E31 yang asli, tetapi arsitektur modular dan drivetrains memungkinkan lencana M8 yang terkenal untuk mencapai produksi, sekarang dalam bentuk BMW M8 dan M8 Competition. Dalam Kompetisi M8, mesin 4.4 liter S63B44T4 twin-turbo V-8 menghasilkan tenaga 617 hp dan torsi 553 lb-ft yang luar biasa. Tidak dapat membeli $ 146.000 M8 Comp? Jangan khawatir, bahkan lineup paling asik sekalipun—turbocharged inline-six 840i—masih memiliki tenaga lebih besar daripada V-12 E31 850i asli yang memulai debutnya tiga dekade lalu.

Sorotan BMW Seri 8

Dalam sejarah BMW, Seri E31 8 yang asli memegang tempat sebagai salah satu desain yang paling indah dan tak terbantahkan yang pernah memakai model bundar. Meskipun hanya sukses moderat menjelang akhir siklus hidupnya, E31 menangkap imajinasi banyak penggemar BMW, dan kebangkitan akhirnya papan nama yang dibanggakan itu disambut dengan banyak pujian.

Saat ini, dengan pengecualian varian 850CSi yang langka dan sangat dicari, E31 belum mengalami tingkat kesuksesan ledakan yang sama seperti yang dinikmati oleh mobil M-division yang lebih tua. Namun, posisinya sebagai satu-satunya coupe V-12 dalam sejarah panjang BMW menandakan masa depan yang baik.


More Blog Entries

Bersama BMW, Jelajahi Masa Depan Dengan Mobil Listrik Yang Lebih Efisien

Ketika kita berbicara tentang mobil listrik, kita membicarakan masa depan yang bersih dan hemat energi. BMW adalah salah satu perusahaan yang membuat mobil listrik yang ramah lingkungan, tetapi mudah dan nyaman saat digunakan. Keuntungan Menggunakan Mobil Listrik Mobil listrik seperti yang dibuat oleh BMW memiliki beberapa keuntungan yaitu tidak menggunakan bahan bakar, tidak ada komponen […] Read More

by Galih Rama

Mitos & Fakta Menarik Tentang Mobil BMW Yang Harus Kamu Tahu!

Mitos : Service BMW Terlalu Mahal Fakta : Banyak yang mengira bahwa layanan di pusat servis resmi BMW lebih mahal daripada di bengkel independen. Namun, kenyataannya BMW memberikan pelayanan service gratis selama 5 tahun untuk para pengguna BMW dan BMW menyediakan teknisi yang terlatih secara khusus dan menggunakan suku cadang asli. Mitos : Service BMW […] Read More

by Galih Rama

4 Langkah Merawat Mobil Setelah Perjalanan Jauh

Setelah perjalanan jauh, penting memberikan perawatan yang baik untuk menjaga mobil tetap bagus. Merawat mobil setelah perjalanan tidak hanya membuatnya lebih awet, tapi juga mengurangi risiko kerusakan pada mobil. Berikut adalah empat langkah untuk merawat mobil setelah perjalanan panjang: Read More

by Galih Rama