Kendaraan Listrik Pertama di Dunia

Ketika orang memikirkan mobil listrik, mereka umumnya memikirkan penawaran bertenaga baterai yang futuristik dalam dekade terakhir, namun, kendaraan listrik pertama jauh dari keajaiban teknologi saat ini. Berikut adalah ikhtisar singkat tentang evolusi kendaraan listrik selama abad terakhir.

Asal Usul Mobil Listrik: Pada Awalnya

Selama awal mobil listrik, persaingan utama untuk EV tidak datang dari mesin pembakaran internal, melainkan bentuk transportasi yang lebih ramah lingkungan, kuda. Meskipun mobilitas bertenaga kuda masih menjadi moda transportasi utama pada akhir abad ke-19, pengenalan kendaraan listrik dan pembakaran internal selamanya mekanisasi transportasi pribadi. Sekitar pergantian abad, penemu dari seluruh dunia, terutama Thomas Edison yang masih muda, mulai mengembangkan mobil bertenaga baterai. EV awal ini dengan cepat menjadi populer, terutama di kota-kota berpenduduk padat, karena pengoperasiannya yang senyap dan kurangnya asap knalpot yang berbahaya. Inovator lain dari mobil listrik termasuk Camille Faure, yang meningkatkan desain baterai timbal-asam yang dikonsep oleh Gaston Planté; Robert Anderson, yang menemukan kereta listrik mentah pertama; dan Ferdinand Porsche, yang merancang kendaraan pertama dengan motor listrik segi delapan.

Selama dekade berikutnya, mobil bertenaga baterai dari berbagai pembuat mobil mulai bermunculan di seluruh AS dan terus mendapatkan popularitas. Sekitar pergantian abad, kendaraan listrik begitu lumrah sehingga New York City bahkan memiliki armada lebih dari 60 taksi listrik. Pada tahun 1900, mobil listrik berada pada masa kejayaannya, terhitung sekitar sepertiga dari semua kendaraan di jalan . Di tahun-tahun mendatang, model listrik terus menunjukkan penjualan yang kuat. Tidak sampai lahirnya Ford Model T, yang menawarkan aksesibilitas dan keterjangkauan yang tak tertandingi, mesin pembakaran internal mendapatkan popularitas yang signifikan. Ketika mobil bermesin pembakaran dalam menjadi lebih mudah diakses dan harga minyak terus turun, kendaraan listrik tidak lagi disukai dan pada 1930-an semuanya punah.

Bagaimana Pengemudi Mengisi Mobil Listriknya

Anehnya, kendaraan listrik awal ini mengisi daya seperti EV saat ini (meskipun pengisi daya awal tidak memiliki beberapa fitur yang lebih canggih dari pengisi daya pintar JuiceBox ). Kabel pengisi daya berjalan dari stasiun pengisian yang dipasang di dinding dan dicolokkan langsung ke stopkontak di mobil. Ketika pengemudi selesai mengisi daya, kabelnya akan dicabut dari kendaraan dan Anda sedang dalam perjalanan dengan muatan penuh. Metode populer lainnya untuk mengisi daya mobil listrik awal adalah dengan menukar baterai yang habis dengan paket baterai yang terisi penuh, dengan baterai kosong kemudian diisi secara terpusat di ‘ruang baterai’.

Kendaraan Listrik di Abad ke-20

Setelah mobil serba listrik tidak disukai masyarakat umum, mereka akan tetap menjadi nonfaktor dalam industri otomotif selama hampir empat puluh tahun, namun, karena harga bahan bakar mulai naik pada akhir tahun 1960-an, minat masyarakat terhadap sumber bahan bakar alternatif mulai meningkat. . Sekitar waktu yang sama, kendaraan bermotor berawak pertama yang melaju di bulan bertenaga baterai. Seperti hampir semua yang terlibat dengan misi bulan awal, penjelajah bertenaga baterai ini menarik minat yang signifikan, yang semakin merangsang keingintahuan publik terhadap motor listrik. Pembuat mobil bahkan berusaha memanfaatkan minat yang menyebar ini dan memperkenalkan beberapa model EV di tahun 70-an dan 80-an. Terutama Sebring-Vanguard Citicar yang terjual 2.000 unit, namun minat terhadap EV sekali lagi mulai berkurang.

Baru pada tahun 1990-an minat publik terhadap kendaraan listrik mulai mendapatkan momentum yang berarti. Pada tahun 1996, GM merilis EV1 , kendaraan serba listrik yang dirancang dari bawah ke atas yang akan terus mendapatkan pengikut seperti pemujaan, dan citra seperti martir setelah program itu secara misterius terbunuh. Powertrain listrik sekali lagi membuat percikan di pasar arus utama setahun kemudian pada tahun 1997, dengan Toyota memperkenalkan kendaraan Prius Hybrid generasi pertama dengan baterai Prius . Prius adalah hit instan yang membangkitkan selera publik untuk kendaraan bahan bakar alternatif, mendorong para ilmuwan dan pembuat mobil untuk mengambil minat baru dalam pengembangan EV, menyiapkan panggung untuk kemajuan awal abad ke-21.

Mobil Listrik Terkemuka Sepanjang Sejarah

• La Jamais Contente – Kendaraan listrik pertama yang melaju lebih dari 100 km/jam.

• Kabin Listrik Walter Bersley 1897 – Kendaraan umum bertenaga listrik pertama dengan kecepatan 9 mph.

• Baker Electric Car – Dibangun pada tahun 1897, model ini adalah mobil antik klasik yang diproduksi oleh Baker Motor Vehicle Company.

• Model T – Model mobil antik lain yang diproduksi oleh Ford selama tahun 1914.

• Detroit Electric Model 47 – Salah satu pelopor mobil listrik di abad ke-20.

• Toyota Prius – Salah satu model mobil hybrid pertama yang dirilis, dan menempatkan Toyota dalam permainan mobil listrik.

• Tesla Model S – Mobil andalan Tesla Inc. dirilis pada tahun 2012.

Masa Depan Telah Tiba

Pada tahun 2006, pembuat mobil baru muncul, selamanya mengubah arah kendaraan listrik. Wunderkin, Tesla, memiliki sedikit kemiripan dengan pembuat mobil warisan Amerika yang ingin ditantang. Berasal dari Silicon Valley, bukan dari Motor City, dan menawarkan model konvertibel tunggal yang sporty, Tesla Roadster mendapatkan pujian di dunia otomotif dan teknologi. Dengan jangkauan 244 mil dan angka kinerja yang luar biasa, Tesla bertentangan dengan pola dasar yang lambat dan bulat dari EV masa lalu. Saat Tesla menggemparkan dunia, 2010 terbukti menjadi tahun yang besar bagi momentum EV karena Chevrolet memperkenalkan Plug-in Hybrid (PHEV) pertama yang tersedia secara komersial, Chevy Volt, dan Nissan merilis Leaf terlarisnya.

Chevy Volt tetap bertindak sebagai batu loncatan yang signifikan dalam sejarah EV, memperkenalkan mobilitas bertenaga baterai murni kepada massa. Dengan keamanan tambahan dari drivetrain hybrid, Volt asli memiliki jangkauan listrik sekitar 40 mil, lebih dari cukup untuk sebagian besar mengemudi sehari-hari. Banyak pengemudi Volt awal telah beralih ke kendaraan listrik penuh setelah menyadari manfaat yang tak terhitung dari mengemudi listrik.

Sejak saat itu, ada arus masuk yang signifikan dalam penawaran Kendaraan Listrik dan Kendaraan Hibrida Plug-in karena EV modern awal ini menunjukkan minat publik pada e-mobilitas kepada pembuat mobil. Akibatnya, gelombang mulai berbalik melawan kendaraan pembakaran internal. Pada 2019, Tesla Model 3 mengalahkan pesaing BMW, Mercedes, dan Lexus sebagai sedan mewah menengah terlaris, mengalahkan gabungan BMW Seri 3 dan Mercedes C-class yang digadang-gadang.

Pandangan Ke Masa Depan Mobilitas

Saat kita melihat kembali sejarah panjang dan kemajuan kendaraan listrik baru-baru ini, sama pentingnya untuk melihat ke masa depan. Menghadapi standar emisi yang semakin ketat dan dukungan konsumen yang berkembang untuk elektrifikasi, pembuat mobil telah meletakkan pedal pada pengembangan EV. Rekor jumlah model baterai-listrik dan hibrida plug-in akan memasuki pasar di tahun-tahun mendatang karena pangsa pasar EV terus meningkat. Penawaran EV baru ini akan mencakup hampir setiap segmen pasar, mulai dari SUV kompak hingga semi-truk, memberikan konsumen pilihan listrik yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Kisaran kendaraan listrik juga semakin panjang, dengan jangkauan mobil listrik terpanjang adalah Lucid Air Dream Edition Range.

Pertanyaan, “ Apa yang lebih baik? Mobil listrik atau bensin? ” mungkin masih bertahan, tetapi hari-hari mesin pembakaran internal dan ketergantungan pada bahan bakar fosil sudah dihitung.


More Blog Entries

Bersama BMW, Jelajahi Masa Depan Dengan Mobil Listrik Yang Lebih Efisien

Ketika kita berbicara tentang mobil listrik, kita membicarakan masa depan yang bersih dan hemat energi. BMW adalah salah satu perusahaan yang membuat mobil listrik yang ramah lingkungan, tetapi mudah dan nyaman saat digunakan. Keuntungan Menggunakan Mobil Listrik Mobil listrik seperti yang dibuat oleh BMW memiliki beberapa keuntungan yaitu tidak menggunakan bahan bakar, tidak ada komponen […] Read More

by Galih Rama

Mitos & Fakta Menarik Tentang Mobil BMW Yang Harus Kamu Tahu!

Mitos : Service BMW Terlalu Mahal Fakta : Banyak yang mengira bahwa layanan di pusat servis resmi BMW lebih mahal daripada di bengkel independen. Namun, kenyataannya BMW memberikan pelayanan service gratis selama 5 tahun untuk para pengguna BMW dan BMW menyediakan teknisi yang terlatih secara khusus dan menggunakan suku cadang asli. Mitos : Service BMW […] Read More

by Galih Rama

4 Langkah Merawat Mobil Setelah Perjalanan Jauh

Setelah perjalanan jauh, penting memberikan perawatan yang baik untuk menjaga mobil tetap bagus. Merawat mobil setelah perjalanan tidak hanya membuatnya lebih awet, tapi juga mengurangi risiko kerusakan pada mobil. Berikut adalah empat langkah untuk merawat mobil setelah perjalanan panjang: Read More

by Galih Rama