Selama bertahun-tahun, BMW telah membangun reputasi sebagai salah satu produsen mobil paling kreatif dan bergengsi di industri ini, sementara juga mendapatkan merek yang sangat dapat dikoleksi di sepanjang jalan. Banyak dari model “The Ultimate Driving Machine” telah mencapai nilai yang jarang terlihat di dunia mobil koleksi.
BMW E30 M3
Produksi: 1986-1991
Unit Dibangun: 17.970
Body Style: Coupe/convertible
Horsepower: 200-238
Kisaran Nilai Saat Ini: $25.000-$35.000
BMW E30 M3 sangat dikagumi oleh pers dan publik ketika diperkenalkan pada tahun 1986. Meskipun besar dan kuat label harga, E30 M3 adalah sukses komersial dan dirayakan sebagai salah satu mobil jalan terbaik penanganan dan menyenangkan — pada dasarnya “mobil balap berlisensi untuk penggunaan jalan.”
BMW 3.0 CS
Produksi: 1971-1975
Unit Dibangun: 11.603
Body Style: Coupe
Horsepower: 180
Kisaran Nilai Hari Ini: $30.000-$50.000
Dipasarkan pada saat itu sebagai model top-of-the-line BMW, 3.0 CS disebut-sebut memiliki pemilik kaya dan terkenal, termasuk selebriti dan “bahkan sejumput bangsawan.”
BMW 2002 Turbo
Produksi: 1973-1975
Unit Dibangun: 1.672
Body Style: Sedan
Horsepower: 170
Kisaran Nilai Hari Ini: $40.000-$50.000
Turbo 2002, model turbocharged pertama BMW, memicu kontroversi dan antusiasme dalam industri otomotif. Meskipun menggunakan turbocharger Kuhnle, Kopp & Kausch dan mampu melaju dari nol hingga 60 mil per jam dalam 7,3 detik, ia juga memiliki masalah turbo lag dan kemampuan berkendara yang ekstrem.
Mengingat bahwa itu tidak pernah disertifikasi untuk dijual di AS dan tidak dapat menarik perhatian konsumen, hanya sejumlah terbatas yang pernah diproduksi, menjadikan mereka yang masih ada saat ini sebagai “harta yang paling dijaga ketat oleh para penggemar BMW di seluruh dunia.”
BMW M1
Produksi: 1978-1981
Unit Dibangun: 456
Gaya Tubuh: Coupe
Horsepower: 277
Kisaran Nilai Hari Ini: $125.000-$200,000
Pertama kali dibuat pada tahun 1976, desain BMW M1 ditugaskan ke ItalDesign dengan Lamborghini untuk membangun mobil dan BMW untuk menyediakan mesinnya. Pada tahun 1978, Lamborghini masih belum memasok unit pra-produksi yang memaksa BMW untuk mentransfer manufaktur ke perusahaan Baur. M1 diselamatkan, dan dapat dipamerkan di Paris Motor Show pada Oktober 1978. Namun demikian, penjualannya lambat, dan pada tahun 1981 hanya 453 yang terjual kepada pelanggan. Meskipun mobil sport itu bukan penghasil uang yang hebat, mobil itu melakukan keajaiban bagi merek BMW pada saat itu.