Ingin Irit BBM? Begini Cara Mengemudi Efisien

Mengemudi hemat bahan bakar dapat menghemat bahan bakar ratusan dolar setiap tahun, meningkatkan keselamatan di jalan, dan mencegah keausan pada kendaraan Anda. Gunakan 5 teknik mengemudi hemat bahan bakar ini untuk menurunkan konsumsi bahan bakar kendaraan Anda dan emisi karbon dioksida sebanyak 25%.

1. Akselerasi dengan lembut

Semakin keras Anda berakselerasi, semakin banyak bahan bakar yang Anda gunakan. Di dalam kota, Anda dapat menggunakan lebih sedikit bahan bakar dengan menginjak pedal gas secara perlahan. Agar bahan bakar seefisien mungkin, luangkan waktu 5 detik untuk mempercepat kendaraan Anda hingga 20 kilometer per jam dari posisi berhenti. Bayangkan secangkir kopi terbuka di dasbor. Jangan tumpahkan!

2. Pertahankan kecepatan yang stabil

Saat kecepatan Anda turun dan meledak, Anda menggunakan lebih banyak bahan bakar, dan membelanjakan lebih banyak uang, daripada yang Anda perlukan. Pengujian telah menunjukkan bahwa memvariasikan kecepatan naik dan turun antara 75 dan 85 km per jam setiap 18 detik dapat meningkatkan penggunaan bahan bakar sebesar 20%.

Pertimbangkan untuk menggunakan cruise control untuk mengemudi di jalan raya, jika kondisi memungkinkan. Berhati-hatilah, bagaimanapun, bahwa variasi kecil dalam kecepatan sebenarnya bisa bagus saat gravitasi bekerja. Jika pola lalu lintas mengizinkan, biarkan kecepatan Anda menurun saat Anda melakukan perjalanan menanjak, lalu dapatkan kembali momentum Anda saat Anda meluncur menuruni bukit.

3. Antisipasi lalu lintas

Lihatlah ke depan saat Anda mengemudi untuk melihat apa yang akan terjadi. Dan jaga jarak yang nyaman antara kendaraan Anda dan kendaraan di depan Anda. Dengan melihat dari dekat apa yang dilakukan pejalan kaki dan mobil lain, dan membayangkan apa yang akan mereka lakukan selanjutnya, Anda dapat menjaga kecepatan Anda sestabil mungkin dan menggunakan lebih sedikit bahan bakar. Ini juga lebih aman untuk mengemudi dengan cara ini.

4. Hindari kecepatan tinggi

Pertahankan batas kecepatan dan hemat bahan bakar! Sebagian besar mobil, van, truk pikap, dan SUV paling hemat bahan bakar saat melaju antara 50 dan 80 km per jam. Di atas zona kecepatan ini, kendaraan menggunakan lebih banyak bahan bakar dengan semakin cepat mereka melaju.

Misalnya, pada kecepatan 120 km per jam, kendaraan menggunakan bahan bakar sekitar 20% lebih banyak daripada pada kecepatan 100 km per jam. Pada perjalanan 25 km, lonjakan kecepatan ini – dan konsumsi bahan bakar – hanya akan memotong dua menit dari waktu perjalanan Anda.

5. Meluncur untuk melambat

Setiap kali Anda menggunakan rem, Anda menyia-nyiakan momentum ke depan. Dengan melihat ke depan pada perilaku lalu lintas, Anda sering kali dapat melihat lebih awal kapan waktunya untuk melambat. Anda akan menghemat bahan bakar dan menghemat uang dengan melepaskan kaki dari pedal gas dan meluncur untuk memperlambat alih-alih menggunakan rem.

Ikuti kursus ecoDriving online gratis untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana mengemudi hemat bahan bakar dapat membantu Anda menghemat uang dan mengurangi emisi gas rumah kaca Anda.

Lebih banyak cara untuk menggunakan lebih sedikit bahan bakar

Berikut adalah cara yang lebih mudah untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan biaya:

Hindari pemalasan kendaraan Anda

Matikan mesin Anda saat berhenti lebih dari 60 detik, kecuali saat macet. Rata-rata kendaraan dengan mesin 3 liter menghabiskan 300 mililiter (lebih dari 1 cangkir) bahan bakar untuk setiap 10 menit dalam keadaan idle.

Ukur tekanan ban Anda setiap bulan

Mengendarai kendaraan dengan tekanan ban kurang dari 56 kilopascal (8 pon per inci persegi) dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar hingga 4%. Itu juga dapat mengurangi umur ban Anda hingga lebih dari 10.000 kilometer. Temukan tekanan ban yang tepat untuk kendaraan Anda pada plakat informasi ban. Biasanya di pinggir pintu pengemudi atau tiang pintu. Pelajari lebih lanjut tentang perawatan ban .

Gunakan transmisi manual dengan benar

Perhatikan tachometer yang menunjukkan kecepatan mesin. Gunakan untuk mengetahui kapan harus memindahkan transmisi manual untuk efisiensi bahan bakar terbaik. Semakin tinggi rpm, semakin banyak bahan bakar mesin yang terbakar. Jadi pindah gigi rendah dengan lancar dan cepat, dan tingkatkan kecepatan di gigi tinggi.

Jangan membawa beban yang tidak perlu

Keluarkan barang-barang seperti garam, pasir, dan peralatan olahraga dari kendaraan Anda. Semakin ringan bobotnya, semakin sedikit bahan bakar yang akan digunakan kendaraan Anda. Konsumsi bahan bakar mobil ukuran sedang meningkat sekitar 1% untuk setiap 25 kilogram bobot yang dibawanya.

Lepaskan rak atap atau sepeda

Sederhanakan kendaraan Anda dengan melepas rak saat tidak digunakan. Hambatan aerodinamis dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar sebanyak 20% di jalan raya.

Gunakan AC dengan hemat

Pendingin udara dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar kendaraan sebanyak 20%. Buka jendela saat Anda mengemudi di kota, dan gunakan sistem ventilasi aliran dengan jendela di jalan raya. Jika Anda menggunakan AC, gunakan opsi sirkulasi ulang. Ini akan meminimalkan dampaknya.

Gunakan tampilan konsumsi bahan bakar

Lihat dampak dari 5 teknik berkendara hemat bahan bakar secara langsung dengan bantuan tampilan konsumsi bahan bakar, sebuah fitur yang kini menjadi standar di banyak kendaraan. (Beberapa kendaraan yang lebih baru dilengkapi dengan tampilan yang bahkan lebih canggih yang menganalisis variasi kecepatan, titik perpindahan gigi untuk transmisi manual, dan perilaku berkendara seperti waktu akselerasi dan pengereman.)

Banyak pengemudi mengonsumsi bahan bakar 15% lebih sedikit dengan bertindak berdasarkan umpan balik yang diberikan tampilan konsumsi bahan bakar.

Lacak konsumsi bahan bakar Anda

Berapa lama Anda bisa pergi tanpa mengisi tangki Anda? Dua minggu? Sebulan?

Tantang diri Anda untuk mengisi ulang sejarang mungkin dan biaya bulanan Anda akan turun.

Rencanakan ke depan

  • Petakan rute Anda, terutama jika itu panjang
  • Dengarkan laporan lalu lintas dan hindari kecelakaan, pembangunan jalan, dan titik masalah lainnya
  • Hindari jalan yang memotong kota-kota besar dan dihiasi dengan lampu lalu lintas, persimpangan, dan pejalan kaki
  • Gunakan jalan raya empat jalur jika Anda bisa

Gabungkan perjalanan

Ekskursi yang lebih lama membuat mesin kendaraan Anda memanas hingga suhu paling hemat bahan bakarnya.

  • Jalankan tugas Anda satu demi satu
  • Rencanakan rute Anda untuk menghindari lalu lintas mundur dan jam sibuk

Berkendara lebih sedikit

Cara terbaik untuk mengurangi konsumsi bahan bakar adalah dengan mengemudi lebih sedikit.

  • Berjalan kaki atau bersepeda ke tujuan Anda. Anda tidak akan menggunakan bahan bakar dan memiliki gaya hidup yang lebih sehat
  • Gunakan angkutan umum
  • Bergabunglah dengan mobil atau van pool. Anda dan grup Anda akan menghemat bahan bakar dan menghindari emisi berton-ton polusi udara dalam setahun
  • Bekerja dari rumah saat Anda bisa. Setiap hari Anda bekerja dari rumah mengurangi jumlah bahan bakar yang Anda gunakan sebesar 20%

More Blog Entries

Bersama BMW, Jelajahi Masa Depan Dengan Mobil Listrik Yang Lebih Efisien

Ketika kita berbicara tentang mobil listrik, kita membicarakan masa depan yang bersih dan hemat energi. BMW adalah salah satu perusahaan yang membuat mobil listrik yang ramah lingkungan, tetapi mudah dan nyaman saat digunakan. Keuntungan Menggunakan Mobil Listrik Mobil listrik seperti yang dibuat oleh BMW memiliki beberapa keuntungan yaitu tidak menggunakan bahan bakar, tidak ada komponen […] Read More

by Galih Rama

Mitos & Fakta Menarik Tentang Mobil BMW Yang Harus Kamu Tahu!

Mitos : Service BMW Terlalu Mahal Fakta : Banyak yang mengira bahwa layanan di pusat servis resmi BMW lebih mahal daripada di bengkel independen. Namun, kenyataannya BMW memberikan pelayanan service gratis selama 5 tahun untuk para pengguna BMW dan BMW menyediakan teknisi yang terlatih secara khusus dan menggunakan suku cadang asli. Mitos : Service BMW […] Read More

by Galih Rama

4 Langkah Merawat Mobil Setelah Perjalanan Jauh

Setelah perjalanan jauh, penting memberikan perawatan yang baik untuk menjaga mobil tetap bagus. Merawat mobil setelah perjalanan tidak hanya membuatnya lebih awet, tapi juga mengurangi risiko kerusakan pada mobil. Berikut adalah empat langkah untuk merawat mobil setelah perjalanan panjang: Read More

by Galih Rama