Blogs

Tips Merawat BMW Lama

Tidak semua orang menginginkan mobil baru. Sebagian ada yang memilih setia dengan mobil lamanya karena sudah terlanjur nyaman dan sayang. Sebagian ada yang memilih mobil bekas dengan berbagai alasan, mulai dari budget, selera model, maupun modifikasi. Namun demikian, mobil merupakan benda yang memiliki usia, yang seiring berjalannya waktu akan membutuhkan perhatian dan perawatan lebih.

 

BMW Astra Used Car punya tips merawat BMW berusia lanjut (hehe..) agar tampilan dan performanya selalu terjaga.

 

  1. Lakukan Service dengan Rutin. Jika mobil baru yang usianya muda (di bawah 5 tahun) saja butuh perawatan rutin, apalagi mobil tua. Memasuki usia di atas 5 tahun, perhatian lebih untuk area mekanikal seperti mesin dan kaki-kaki menjadi sebuah keharusan. Dengan melakukan service rutin, kondisi setiap komponen dapat lebih terpantau dan terjaga. Jangan lupa untuk rajin cek kondisi oli sebulan sekali, dan ganti jika sudah kotor dan mengental.
  2. Menjaga Cat Mobil. Pernah melihat cat mobil yang sudah kusam atau "mati"?  Cat mobil BMW umumnya sangat awet, namun bukan tidak mungkin mengalami kondisi cat kusam kalau salah perawatan. Hindari sinar matahari langsung pada bodi mobil, kalau perlu pasang kanopi di rumah jika garasi Anda tidak beratap. Keringkan mobil sesegera mungkin setelah kehujanan, gunakan kain microfiber halus (jangan pakai chamois!). Lakukan perawatan seperti waxing sebulan sekali, dan detailing setiap enam bulan hingga satu tahun sekali.
  3. Periksa Kondisi Radiator. Radiator merupakan komponen dengan usia pakai yang cukup panjang, namun ketika masa pakainya mendekati habis komponen ini akan menjadi sangat sensitif dan sangat berpotensi merusak mesin mobil secara total. Periksa kondisi air radiator, kipas, dan selang-selangnya untuk memastikan kondisinya baik. Jika mobil sudah menyentuh usia 5 tahun, ada baiknya segera diperiksa.
  4. Perhatikan Elektrikal. Sebagai merek mobil yang mengusung teknologi tinggi, BMW memiliki sistem elektrikal yang kompleks. Berbagai macam sensor disematkan untuk terus memonitor kondisi mobil baik luar maupun dalam. Agar semuanya tetap berfungsi dengan baik, lakukan pemeriksaan elektrikal dengan membawanya ke bengkel resmi setidaknya setahun sekali. Periksa terus kondisi baterai, jangan sampai drop dan mengganggu kelistrikan. Baterai original BMW mampu bertahan 4 hingga 5 tahun pemakaian.
  5. Periksa AC. AC merupakan komponen yang sangat sensitif terhadap perawatan, jika malas atau salah, kondisi di dalam mobil malah menjadi semakin panas. Cegahlah hal ini dengan melakukan perawatan pada kompresor AC. Peremajaan AC juga akan membuat pendingin berfungsi.

More Blog Entries

Hal Menyenangkan Bersama Mobil selama PSBB

Di masa PSBB akibat pandemi COVID-19 membuat sebagian orang terpaksa bekerja dari rumah (WFH)...

Hal Yang Membuat BMW Istimewa

Memiliki BMW merupakan impian bagi banyak orang. Namun tidak banyak yang menyadari hal yang...