Blogs

Sejarah BMW M Division

Siapa yang tidak tahu BMW M? Dengan slogan "The Most Powerful Letter in The World" menjadikan huruf "M" begitu sakral dan perkasa di dunia motorsport. Namun, tahukan Anda bagaimana sejarah BMW M terbentuk?

Percaya atau tidak, BMW M division sedikit-banyak terbantu oleh para ahli dari Ford Motorsport division.

Kilas balik ke era akhir 1960-an, Ford mendominasi seluruh bidang motorsport di dunia. Le Mans, F1, bahkan di balap Reli, Ford sangat dominan di akhir tahun 1960-an. Setiap divisi Ford, dari Amerika Serikat, Inggris, dan Jerman, melakukan bagiannya untuk menyediakan mobil balap yang luar biasa. Tapi divisi Ford Jerman-lah yang pada akhirnya akan mengubah BMW, yang nantinya ikut mengubah industri otomotif selamanya.

Jochen Neerpasch adalah Kepala divisi Motorsport Ford dan telah menciptakan versi balap dari Ford Capri, Capri RS 2600. RS 2600 memulai debutnya pada tahun 1970 dan benar-benar mendominasi segala sesuatu di jalurnya. Neerpasch telah memodifikasi dan membuang komponen mobil yang tidak berguna, mambuatkannya pintu dan kap fiberglass yang ringan, kemudian melakukan perubahan pada mesin 2,9 liter V6 menjadi 280 hp. Dengan berat mobil yang hanya 950 kg, Capri RS 2600 hampir tidak terkalahkan. BMW, di sisi lain, tidak mampu berkompetisi dengan 2800CS. Sangat membutuhkan perubahan. Pada tahun 1972, BMW membajak Neerpasch dari Ford beserta timnya.

Di BMW, dia mengubah 2800CS menjadi BMW 3.0 CSL yyang kita semua kenal dan cintai hingga saat ini. Dari sini, Divisi M BMW dibentuk, kemudian muncullah era dominan BMW. BMW CSL 3.0 menjadi mobil balap terbaik saat itu, dengan pembalap pro dari seluruh dunia Motorsport, termasuk Jackie Stewart, Jacky Ickx, James Hunt dan Niki Lauda, ​​pernah menjadi pengemudinya. Sebuah mobil yang luar biasa dan awal dari sebuah legenda.

Suatu hari Neerpasch dipecat akibat kegagalannya menciptakan BMW M1. BMW E28 M5 adalah produk Divisi M produksi asli pertama dan revolusioner, memberikan dunia mobil sedan (sedan di Amerika) yang dapat mengimbangi Porsche 911 Carreras. M5 menciptakan segmen sedan mewah cepat. Setelah itu, BMW kembali berlomba di ajang World Touring Car Championship dengan BMW M3 E30 yang nantinya akan menjadi basis salah satu lini model mobil sport paling terkenal sepanjang masa.

More Blog Entries

MESIN BMW TERBAIK SEPANJANG MASA

Kenapa kok pakai list dari bmw.com? Supaya tidak subjektif. Karena sepengalaman mimin, mesin...

Sejarah BMW Hybrid di Dunia

  Adalah BMW X6 ActiveHybrid E71 yang menjadi pembuka era hybrid BMW. Diperkenalkan sebagai...