angle-left

Blogs

Hofmeister Kink. Apa Itu?

Ada yang pernah mendengar istilah Hofmeister Kink? Atau sudah pernah dengar tapi bingung, istilah apa itu?

Hofmeister Kink merupakan istilah untuk pilar paling belakang (pilar C untuk sedan, pilar D untuk Touring dan SAV) pada mobil BMW. Bentuknya memiliki ciri khas berupa lekukan ke dalam pada bagian bawah dari pilar (lihat gambar). Pilar ini unik, karena ketika garis pilar atas pada mobil lain biasanya berakhir pada bagian ujung perbatasan landaian atap dan bagasi, Hofmeister Kink dibuat berbelok menekuk ke dalam sebelum landaiannya berakhir.

Bentuk kink ini diciptakan oleh desainer legendaris BMW, Wilhelm Hofmeister yang menyematkan desain pilar ini pertamakali pada BMW 1500 di tahun 1961 yang merupakan model BMW "Neue Klass" pertama. 

Hofmeister Kink ini begitu istimewa dan mendapat apresiasi dari para Bimmer karena bentuknya yang simpel, namun memberikan kesan agresif, sekaligus menekankan ciri khas BMW dengan rear-wheel drive system-nya. Desain simpel ini juga sangat timeless sehingga secara tidak langsung telah menjadi tradisi untuk disematkan pada setiap model dan generasi BMW, bahkan hingga saat ini.

Bentuk Hofmeister kink sendiri telah mengalami banyak perubahan, termasuk juga modifikasi untuk menyesuaikan zaman dan model yang beredar seperti pada BMW 3-series G20 terbaru dengan kink berbentuk panah mengarah ke belakang. Makna desain ini tetap sama: interpretasi bahwa BMW 3-series memiliki sistem penggerak roda belakang, atau dominan di belakang (untuk varian xDrive).

Tidak semua pabrikan mobil mampu mempertahankan ciri khas desain seperti BMW. Ada detail-detail kecil yang masih mampu dipertahankan, mengikuti perkembangan zaman. Hal seperti ini yang membuat BMW selalu terasa istimewa di kalangan penggemarnya.

More Blog Entries

Hal Yang Membuat BMW Istimewa

Memiliki BMW merupakan impian bagi banyak orang. Namun tidak banyak yang menyadari hal yang...

BMW ASTRA CORPORATE SALES PROGRAM

Provide excellence and the right solution to your business.   The benefits you can look...