angle-left

Blogs

Cara Membuat SIM Internasional di Indonesia

Masyarakat yang tinggal di Indonesia sekarang dapat mendaftar untuk izin mengemudi internasional secara online karena Polri telah meluncurkan layanan untuk memudahkan proses pengajuan dokumen tersebut, yang dapat digunakan di 188 negara asing. 

Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Nasional Insp. Jenderal Istiono mengatakan, Indonesia telah menjalin kerja sama dengan 188 negara agar pemegang izin mengemudi internasional dari negara tersebut bisa menggunakan SIM di sana. “Semua [negara] ASEAN termasuk di antara 188 negara,” kata Istiono seperti dikutip kompas.com, Jumat, tanpa merinci negara lain. 

Korps Lalu Lintas Kepolisian Nasional meluncurkan pada hari Jumat sebuah fitur baru yang memungkinkan pengemudi untuk mendaftar dan membayar izin mengemudi internasional secara online. 

Sebelum fitur online, pelamar harus melakukan registrasi secara manual dengan mendatangi pusat izin mengemudi internasional milik Polri di Jakarta Selatan.  Dengan fitur online, pelamar - yang harus sudah memiliki SIM - dapat mendaftarkan diri melalui website traffic corps untuk pendaftaran izin mengemudi internasional. 

Setelah mengisi formulir dan melakukan pembayaran, pelamar tetap perlu mengunjungi pusat izin mengemudi internasional milik kepolisian di Jakarta Selatan dan membawa dokumen yang diperlukan, termasuk KTP, SIM dan paspor, serta salinan formulir pendaftaran, dan pembayaran. 

Warga negara asing yang tinggal di Indonesia diwajibkan untuk membawa Izin Tinggal Tetap (KITAP).  Dengan mengizinkan pemohon izin mendaftarkan diri melalui fitur online, Istiono berharap bisa mengurangi praktik korupsi dalam proses perizinan. “Peningkatan fitur ini semestinya membuat layanan kami lebih dapat diakses masyarakat,” kata Istiono seperti dikutip Antara.

More Blog Entries

Kenapa banyak BMW Usia Muda Dijual?

Pelanggan  BMW  di Indonesia rupanya mudah bosan dan gemar mengganti kendaraannya. Kondisi...

Siapkan 100 Miliar, BMW Astra Used Car Siap Beli BMW Anda

Jakarta. Pandemi covid-19 yang telah mewabah di Indonesia sejak awal tahun 2020 menjadikan...