Blogs

Perubahan Warna Eksterior yang Ajaib: BMW iX Flow Tampilkan E-Ink.

Pertama di Dunia: Permukaan bodi dengan perubahan warna nyata berkat teknologi elektroforesis. Potensial untuk aplikasi interior dan eksterior masa depan

Munich. Digitalisasi menghadirkan pengalaman pengguna terintegrasi yang dicirikan oleh individualitas dan emosionalisasi di interior model BMW saat ini. Mode Saya memungkinkan pengemudi untuk menyesuaikan suasana di interior sepenuhnya dengan suasana hati pribadi mereka dan pengalaman berkendara yang mereka inginkan. Dengan BMW iX Flow yang menampilkan E Ink yang dipresentasikan pada kesempatan CES 2022, pabrikan mobil premium yang berbasis di Munich ini menawarkan prospek teknologi masa depan yang menggunakan digitalisasi untuk juga menyesuaikan eksterior kendaraan dengan situasi dan keinginan individu yang berbeda. Permukaan BMW iX Flow yang menampilkan E Ink dapat memvariasikan warna sesuai permintaan pengemudi.

Frank Weber, Anggota Dewan Manajemen BMW AG, Pengembangan: "Pengalaman digital tidak hanya terbatas pada tampilan di masa depan. Akan ada lebih banyak dan lebih banyak perpaduan nyata dan virtual. Dengan BMW iX Flow, kami menghidupkan bodi mobil."

Perubahan warna cairan dimungkinkan oleh bungkus bodi yang dikembangkan secara khusus yang disesuaikan secara tepat dengan kontur Kendaraan Aktivitas Olahraga semua-listrik dari BMW. Ketika dirangsang oleh sinyal listrik, teknologi elektroforesis membawa pigmen warna yang berbeda ke permukaan, menyebabkan kulit tubuh mengambil warna yang diinginkan. Adrian van Hooydonk, Kepala Desain Grup BMW: "BMW iX Flow adalah proyek penelitian dan desain tingkat lanjut dan contoh yang bagus dari pemikiran ke depan yang membuat BMW dikenal."

Teknologi E Ink yang inovatif membuka cara baru untuk mengubah penampilan kendaraan sesuai dengan preferensi estetika pengemudi, kondisi lingkungan, atau bahkan persyaratan fungsional. Dengan demikian, teknologi ini menawarkan potensi personalisasi yang belum pernah ada sebelumnya di bidang desain eksterior. BMW iX Flow yang menampilkan E Ink menunjukkan potensi efek yang mengesankan ini. Dengan latar belakang ini, BMW Group mendorong pengembangan teknologi sehingga bentuk personalisasi baru dapat dialami baik di luar maupun di dalam kendaraan produksi masa depan.

Sudah hari ini, warna yang dipilih untuk mobil adalah ekspresi dari kepribadian pengemudi. Pilihan cat eksterior yang tersedia untuk model BMW saat ini mencakup spektrum warna yang luas. Dengan cara ini, kerinduan akan penampilan luar yang sangat ekspresif, boros, atau sporty dapat diperhitungkan serta keinginan akan penampilan yang bersahaja, halus atau elegan. Varian baru ditambahkan setiap tahun yang mencerminkan karakteristik model yang bersangkutan dan yang memungkinkan merek untuk terus menetapkan tren di bidang desain eksterior.

Teknologi baru akan memberikan tingkat kebebasan pengambilan keputusan yang sama sekali baru di masa depan. "Ini memberi pengemudi kebebasan untuk mengekspresikan berbagai aspek kepribadian mereka atau bahkan kesenangan mereka terhadap perubahan secara lahiriah, dan untuk mendefinisikan ulang ini setiap kali mereka duduk di mobil mereka," kata Stella Clarke, Kepala Proyek BMW iX Flow yang menampilkan E Ink . "Mirip dengan fashion atau iklan status di saluran media sosial, kendaraan kemudian menjadi ekspresi suasana hati dan keadaan yang berbeda dalam kehidupan sehari-hari."

Bagaimana warna eksterior variabel dapat meningkatkan efisiensi.
Warna eksterior yang bervariasi juga dapat berkontribusi pada kesehatan interior dan efisiensi kendaraan. Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan kemampuan yang berbeda dari warna terang dan gelap dalam hal memantulkan sinar matahari dan penyerapan energi panas yang terkait. Permukaan putih memantulkan lebih banyak sinar matahari daripada yang hitam. Implikasinya, pemanasan kendaraan dan kompartemen penumpang akibat sinar matahari yang kuat dan suhu luar yang tinggi dapat dikurangi dengan mengubah eksterior menjadi warna terang. Dalam cuaca yang lebih dingin, kulit luar yang gelap akan membantu kendaraan menyerap lebih banyak kehangatan dari matahari.

Dalam kedua kasus, perubahan warna selektif dapat membantu mengurangi jumlah pendinginan dan pemanasan yang dibutuhkan dari AC kendaraan. Ini mengurangi jumlah energi yang dibutuhkan sistem kelistrikan kendaraan dan dengan itu juga konsumsi bahan bakar atau listrik kendaraan. Dalam mobil serba listrik, mengubah warna sesuai cuaca juga dapat membantu meningkatkan jangkauan. Di bagian interior, teknologi tersebut, misalnya, dapat mencegah dasbor menjadi terlalu panas.

Teknologi E Ink sendiri sangat hemat energi. Tidak seperti layar atau proyektor, teknologi elektroforesis sama sekali tidak membutuhkan energi untuk menjaga keadaan warna yang dipilih tetap konstan. Arus hanya mengalir selama fase perubahan warna singkat.

Jutaan kapsul cat dalam bungkus khusus.
Pewarnaan elektroforesis didasarkan pada teknologi yang dikembangkan oleh E Ink yang paling terkenal dari tampilan yang digunakan di eReader. Lapisan permukaan BMW iX Flow yang menampilkan E Ink mengandung jutaan mikrokapsul, dengan diameter yang setara dengan ketebalan rambut manusia. Masing-masing mikrokapsul ini mengandung pigmen putih bermuatan negatif dan pigmen hitam bermuatan positif. tergantung

More Blog Entries

BMW DESIGN.THE BEGINNING OF EMOTION.

Model BMW tidak salah lagi pada pandangan pertama. Tidak hanya mengesankan secara teknologi,...