Blogs

Jenis Mobil Convertible

ATAP KAIN

BMW Z8 dengan atap kain di posisi atas

1967 AMC Ambassador convertible dengan bagian atas kainnya terlipat
"Atas lembut" terbuat dari bahan tekstil yang fleksibel. Bahan umum untuk soft top adalah:

Konvertibel awal menggunakan kanvas katun yang ditenun dengan sangat rapat sehingga tahan air. Namun, pembuat mobil memiliki masalah dalam mengamankan bahan baku untuk memenuhi pesanan setelah Perang Dunia II, termasuk kanvas dalam berbagai warna untuk atap konvertibel dan membatasi pembuatannya.[21]
Bahan berbasis kain telah menjadi lebih umum dalam beberapa tahun terakhir.[22]
Bahan lain juga digunakan di bagian atas convertible. Pada tahun 1955, bahan yang paling populer adalah kain lateks dan karet butil yang masing-masing menyumbang sekitar 35% dari berat atap konvertibel, dengan yang lain termasuk vinil (12%), goni (8%) bersama dengan serat rayon dan akrilik (Orlon) sebesar menjadi sekitar 1% masing-masing dalam komposisi.[23] Bahan polivinil klorida (PVC) digunakan untuk banyak atap konvertibel. Bahannya terdiri dari dua lapisan: lapisan atas terbuat dari PVC, yang memiliki struktur tertentu tergantung pada model kendaraan, dan lapisan bawah terbuat dari kain (biasanya katun).

Bagian atap tekstil yang dapat dilipat di atas rangka lipat yang diartikulasikan dapat mencakup lapisan seperti lapisan peredam suara dan/atau lapisan kosmetik interior, untuk menyembunyikan rangka.

Bagian atas yang dapat dilipat disebut tumpukan.

Hardtop yang dapat dilepas[sunting | sunting sumber]

Daimler SP250 1959 dengan atap yang bisa dilepas
Hardtops kaku yang dapat dilepas, banyak di antaranya disimpan di bagasi/boot mobil, telah ada setidaknya sejak 1950-an.[24][25] Ini biasanya memberikan kedap cuaca, kedap suara, dan daya tahan yang unggul dibandingkan dengan atasan berbahan dasar kain, beberapa dengan defroster jendela belakang dan kaca depan terintegrasi.

Contohnya termasuk Ford Thunderbird (generasi ke-1 dan generasi ke-11), Mercedes SL (generasi ke-2 dan ke-3), Porsche Boxster, Jeep Wrangler, Ford Mustang Cobra (1995 Saja), dan Mazda MX-5.


1938 Peugeot 402 menarik kembali atap keras yang dapat dilepas satu bagian
Selama tahun 1950-an dan 1960-an, atap bahan keras yang dapat dilepas ditawarkan untuk berbagai mobil sport dan roadster yang dapat dikonversi, termasuk Ford Thunderbird dan Chevrolet Corvette 1955–1957, serta seri Mercedes-Benz W113 dua tempat duduk tahun 1963–1971. Karena mekanisme atap konvertibel itu sendiri mahal, atap keras biasanya ditawarkan sebagai opsi tambahan dengan biaya tambahan. Pada Thunderbirds awal (dan Corvette hingga 1967), pembeli dapat memilih antara hardtop yang dapat dilepas dan atasan kanvas lipat tanpa biaya tambahan, tetapi membayar ekstra untuk keduanya.

"Carson top" berbingkai logam adalah tambahan yang populer untuk mobil konvertibel atau roadster Ford tahun 1930-an karena model ini mengubah model ini menjadi hardtop yang hampir instan.[26] Desainnya meniru atap konvertibel, tetapi tidak adanya mekanisme pelipatan yang besar memungkinkan hardtop yang dapat dilepas memiliki profil yang jauh lebih rendah dan lebih gagah.[27]

Perbaikan pada bagian atas kanvas telah membuat atap keras yang dapat dilepas menjadi kurang umum karena bagian atas tidak dapat disimpan di dalam kendaraan saat tidak digunakan, memerlukan garasi atau fasilitas penyimpanan lainnya. Beberapa mobil terbuka terus menawarkannya sebagai opsi. Misalnya, Mazda MX-5s memiliki aksesori hardtop, yang wajib untuk beberapa seri balap mobil.

Hardtop yang dapat ditarik[sunting | sunting sumber]

Atap keras Volvo C70 yang dapat ditarik dengan segmen lipat
Artikel utama: Hardtop yang dapat ditarik
Hardtop yang dapat ditarik — juga dikenal sebagai "coupé convertible" atau "coupé cabriolet" — adalah mobil dengan hardtop yang dioperasikan secara otomatis dan dapat disimpan sendiri (sebagai lawan dari atap berbasis tekstil yang digunakan oleh convertible tradisional).

Manfaat dari peningkatan kontrol iklim dan keamanan dibandingkan dengan peningkatan kompleksitas mekanis, biaya, berat, dan sering kali kapasitas bagasi berkurang.

More Blog Entries

5 BMW Terkencang

Meskipun beberapa orang mempertanyakan bahwa jajaran BMW mungkin telah mengalihkan fokus ke...

Daftar BMW Terkencang

Mobil produksi tercepat di jajaran BMW saat ini adalah M5 Competition, yang dapat...