angle-left

Blogs

Arti Development Code pada mobil BMW

Jika Anda memiliki BMW atau tertarik untuk membelinya, Anda pasti pernah melihat kode 'E' atau 'F' yang disebutkan setelah nama model, misalnya: BMW 3-series (E46), BMW 5-series (E60), BMW 3-series (F30) dan seterusnya.

Jika Anda menganggap diri Anda penggemar BMW sejati,  kemungkinan besar Anda sudah tahu apa artinya. Namun, untuk menjelaskan sedikit tentang 'E', 'F' BMW yang terkadang tidak jelas dan baru-baru ini menambahkan nama kode model 'G', kami pikir kami akan melakukannya jelajahi ini dengan sedikit lebih detail untuk mereka yang tidak tahu.

Development code 'E', 'F' dan 'G' digunakan untuk mengidentifikasi model BMW tertentu. Konvensi penamaan model ini dimulai pada akhir 1960-an dengan 'E' singkatan dari kata Jerman 'Entwicklung' yang berarti 'Pembangunan'.

Sejak akhir 1960-an, setiap model BMW yang sedang dikembangkan memiliki kode 'E'. Kode 'E' adalah nomor kode pabrik yang diberikan pada mobil baru dalam proses pengembangan sebelum disetujui secara resmi dan diberi lampu hijau untuk produksi. Ketika angka 'E' mencapai titik menjadi tiga digit dari waktu ke waktu, BMW Jerman memutuskan untuk beralih ke alfa-numerik berikutnya untuk membuat semuanya tetap sederhana. Angka 'F' menjadi penerus 'E' pada tahun 2008 sedangkan angka 'G' telah menjadi penerus 'F' ketika mencapai tiga digit pada tahun 2016.

Development code ini sendiri tidak berarti urutan dari kelas mobil yang dibuat. Sebagai contoh: BMW F10 adalah BMW 5 series, BMW F30 adalah 3-series. Namun di G series, G20 merupakan BMW 3-series, sedangkan BMW 5-series mendapat kode G30. Alih-alih, development code merupakan urutan development mobil tersebut. Jika melihat kode G20 dan G30, dapat disimpulkan bahwa BMW 3-series masuk tahap development lebih dulu daripada G30.

Dari sini, ada sedikit hal istimewa dapat ditemukan pada BMW 5-series terbaru. Varian standar BMW 5-series mendapat development code G30, sedangkan varian high performance-nya, BMW M5, mendapat kode F90. Artinya BMW M5 masuk tahap lebih dulu dibanding varian standarnya, membuat BMW 5-series adalah mobil istimewa yang dibangun berdasar development mobil kencangnya terlebih dahulu.

More Blog Entries

SEJARAH BMW TOURING

Adalah Max Reisböck, seorang prototype engineer BMW di era 1980-an merasakan sebuah...

Automated Driving: Sistem Masa Depan yang Aman dan Nyaman

Nicolai Martin bertanggung jawab atas area inovasi yang merangsang dan sangat kompleks di BMW...