01/09/2015

Introducing The First-Ever BMW Gran Tourer

Jakarta.  BMW Indonesia pada 21 Agustus 2015 meluncurkan BMW Gran Tourer pertama di Indonesia pada  ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015,  sekaligus memperkenalkan sebuah segmen kendaraan yang benar-benar baru. Kendaraan inovatif serba guna dan fleksibel – all-new BMW Gran Tourer merupakan kendaraan premium kompak  pertama di dunia yang menawarkan ruang yang luas, fitur keamanan lengkap, dan kepraktisan.

 

“BMW selalu berada satu langkah di depan. Berani dan inovatif merupakan bagian dari DNA brand BMW. Hal tersebut  menjadi kunci keberhasilan kami. BMW telah menciptakan segmen kendaraan-kendaraan baru seperti BMW X5, BMW Active Tourer, dan hari ini telah hadir untuk pertama kali di Indonesia – all-new BMW Gran Tourer. Kendaraan ini menjadi tolok ukur akan kenikmatan berkendara dengan desain yang benar-benar baru,” kata Karen Lim, Presiden Direktur BMW Group Indonesia. All-new BMW Gran Tourer secara unik menggabungkan ruang interior yang luas, fitur keamanan lengkap, dan kepraktisan dengan keanggunan, dinamika dan efisiensi. “All-new BMW Gran Tourer memenuhi kebutuhan mobilitas tinggi para pelanggan Indonesia dengan gaya hidup aktif, khususnya mereka yang tidak hanya melihat kepraktisan dan fleksibilitas sebagai nilai jual penting sebuah kendaraan, tetapi juga kedinamisan dan gaya hidup yang berorientasi kenyamanan,” tambah Karen.

 

Kendaraan kompak namun lapang.

Dengan kelapangan yang luar biasa, kepraktisan sehari-hari dan fleksibilitas maksimal, all-new BMW Gran Tourer merupakan kendaraan fungsional pertama di segmen kendaraan kompak premium yang memiliki ruang fungsional yang lapang dan dapat menampung hingga tujuh kursi penumpang. Karakter-karakter fungsional tersebut dipadu dengan nilai-nilai tradisional BMW seperti kedinamisan, kemewahan,  eksklusivitas, dan  kualitas premium. Dengan ukuran kompak hanya 4.556 x 1.800 x 1.608 mm (panjang x lebar x tinggi), all-new BMW Gran Tourer – yang hadir dengan arsitektur front-wheel-drive inovatif BMW dan mesin depan terpasang melintang seperti BMW Active Tourer – tampak mempesona bahkan di tengah lalu lintas kota yang padat. Terlebih lagi, kendaraan ini dapat dengan nyaman menampung hingga tujuh orang dan tetap menyediakan ruang bagasi yang dapat diperluas dari 560 liter menjadi 1.820 liter.

 

Dengan hanya 214 milimeter lebih panjang dan 53 milimeter lebih tinggi dari BMW Active Tourer, all-new BMW Gran Tourer memberikan penambahan ruang yang signifikan berkat jarak roda yang mencapai 2.780 milimeter. Tinggi atap yang lebih memungkinkan pengemudi dan penumpang untuk duduk tegak sekaligus menyediakan sudut pandang yang jelas ke segala arah, bahkan di kondisi lalu lintas yang sulit, sekaligus mempermudah pengendara untuk naik dan turun. Selain itu, all-new BMW Gran Tourer memberikan ruang kaki yang luas – terutama di bagian belakang – khas kendaraan premium.

 

Sandaran kursi juga dapat disesuaikan untuk meningkatkan kenyamanan pada tiga kursi belakang atau untuk menciptakan ruang bagasi tambahan. Ketika memerlukan ruang bagasi maksimum, sandaran kursi belakang dengan proporsi 40:20:40 dapat dibuka dengan menekan sebuah tombol di bagasi, kemudian sandaran kursi dapat dilipat ke bawah untuk memperluas ruang bagasi. Akses ke kompartemen bagasi juga sangat mudah dengan pintu belakang besar, luas, dan dapat terbuka lebar. Pintu bagasi dapat dibuka dan ditutup secara otomatis dengan hanya menekan tombol.

 

Kombinasi terbaik antara fungsionalitas dan desain dinamis.

Jarak roda yang panjang dan atap tinggi menjanjikan kelapangan ruang di bagian dalam kendaraan. Sementara itu, garis-garis desain tegas all-new BMW Gran Tourer membuat tampilannya terlihat dinamis. Sehingga, dari sudut mana pun kendaraan ini memancarkan aura desain sporty, elegan, namun tetap hadir dengan tingkat fungsionalitas tinggi.

 

Di bagian ujung depan, terdapat tiga ciri khas ikon kendaraan BMW – twin kidney grille, twin round headlights, dan logo BMW – yang jelas menampilkan ciri khas kendaraan ini. Meskipun hadir dengan interior lapang, bagian depan kendaraan tetap terlihat sporty dan dinamis. Tampilan twin round headlights, garis desain tegas tonjolkan lebar kendaraan dan sistem air intake besar yang terletak di tepi depan, sehingga menciptakan tampilan sporty dan lincah. All-new BMW Gran Tourer dilengkapi dengan LED Headlights dengan cornering lights. Lampu dengan teknologi ini sama terangnya dengan sistem lampu xenon daytime running light rings teknologi LED,  namun hanya dengan konsumsi energi setengahnya. LED cornering lights memberikan pencahayaan terbaik saat berkendara di perkotaan maupun saat berbelok pada kecepatan antara 40 km hingga 70 km/jam. Lampu LED daytime running dan lampu depan menjamin tampilan tegas. Tampilan mewah kendaraan ini semakin sempurna dengan hadirnya atap kaca Panorama.

 

Desain interior lapang, dengan kapasitas hingga tujuh orang, menciptakan suasana kabin yang lega. All-new BMW Gran Tourer hadir dengan desain interior yang berpusat pada pengemudi dan memungkinkan penglihatan yang jelas ke jalan khas kendaraan BMW yang sporty ini. Posisi duduk yang tinggi menyediakan penglihatan terbaik serta pengoperasian dan pengendalian kendaraan yang optimal. Dengan hadirnya jendela segitiga di bagian A-Pillar, memberikan ruang pandang tanpa batas. Ditambah lagi bagasi luas dan ragam kompartemen pada all-new BMW Gran Tourer menjamin kepraktisan dan fleksibilitas optimal.

 

All-new BMW 218i Gran Tourer: dinamis dengan mesin bensin tiga-silinder.

All-new BMW 218i Gran Tourer ditenagai dengan mesin bensin tiga-silinder yang kompak dan ringan. Berkat teknologi baru BMW TwinPower Turbo, kendaraan ini hadir dengan performa dan efisiensi yang prima. Teknologi terdepan terdiri dari turbocharger, injektor bahan bakar yang sangat presisi, VALVETRONIC fully-variable valve control dan Double VANOS. Mesin bensin tiga-silinder dengan kapasitas 1,5 liter menghasilkan 136 hp pada putaran mesin 4.400 rpm. Torsi puncak 220 Nm sudah tersedia pada putaran mesin 1.250 rpm dan dapat meningkat menjadi 230 Nm untuk jangka pendek dengan menggunakan fungsi over-boost. Dilengkapi dengan Steptronic Transmission enam-percepatan, kendaraan ini dapat melesat dari 0 ke 100 km/jam dalam 9,5 detik dengan kecepatan puncak 203 km/jam. Konsumsi bahan bakar rata-rata kendaraan ini sangat efisien yaitu hanya 19,2 km/liter menurut siklus tes Uni Eropa, dengan emisi CO² sama rendahnya, hanya 122 gram/km.

 

Fitur keselamatan lengkap.

All-new BMW Gran Tourer menggabungkan karakter khas kendaraan BMW dengan tingkat keamanan tertinggi. Kendaraan ini memiliki rangkaian fitur keamanan yang lengkap, seperti kantong udara untuk pengemudi dan penumpang di kursi depan, kantong udara samping, dan Dynamic Braking Lights. Berbagai sistem kontrol elektronik yang mengontrol keamanan dan kedinamisan secara seimbang melengkapi all-new BMW Gran Tourer dengan sebuah kenikmatan berkendara yang merupakan hal penting bagi brand BMW. Sistem DSC (Dynamic Stability Control) mencakup ABS, DTC (Dynamic Traction Control), EDLC (Electronic Differential Lock Control) dan Performance Control, serta fungsi-fungsi lain yang diadaptasi ke dalam sistem front-wheel-drive  – seperti torque interface – yang mengoptimalkan hubungan antara mesin dan sasis. Spesifikasi standard all-new BMW Gran Tourer juga mencakup Standard Start-Off Assistant, fungsi Dry Braking, Brake Standy dan Fading Compensation.

 

Fitur keselamatan lengkap khusus anak-anak.

All-new BMW Gran Tourer menyediakan sistem pengamanan bagi anak-anak ISOFIX (International Standards Organization FIX). Sistem ini jelas terlihat melalui penataan desain BMW dengan warna yang terkoordinasi dan teratur.  Selain itu, semua sistem kursi anak pada kendaraan BMW telah memenuhi persyaratan keselamatan yang paling ketat dan menjadi salah satu fitur yang menonjol berkat kepraktisan penyesuaian tinggi kursi dengan satu tangan, bantalan udara yang telah dipatenkan untuk meningkatkan perlindungan, serta cover yang dapat dicuci. Untuk perlindungan keselamatan lebih pada anak-anak, BMW Lifestyle juga menyediakan beragam produk seperti Baby Seat portabel serta Junior Seat yang diperuntukkan bagi bayi dan anak usia 3-12 tahun.

 

Sasis:  kedinamisan dan kenyamanan berkendara.

Salah satu atribut menonjol dari all-new BMW Gran Tourer adalah kedinamisan dan kenyamanan berkendara yang melekat pada kendaraan BMW. Hal ini dimungkinkan oleh teknologi suspensi canggih, yang dengan sempurna melengkapi inovasi sistem roda penggerak depan pada kendaraan ini. BMW menghadirkan sasis yang dikonfigurasi sempurna dengan track lebar, pengurangan gesekan pada sistem kemudi, bodi ringan dengan torsi yang sangat kaku, pusat gravitasi rendah dan aerodinamika yang teruji.

All-new BMW Gran Tourer memiliki rem swing-calliper dengan performa tinggi dan cakram dengan ventilasi yang tertanam pada bagian depan. Sistem berbobot ringan ini menonjol berkat stabilitasnya, kemudahan pengoperasian, dan pengendalian yang tepat. Dalam beberapa varian mesin, saluran pendingin rem meningkatkan toleransi panas yang lebih baik lagi.

 

Konektivitas dan infotaiment terbaik.

BMW telah menyadari manfaat dan potensi dari konektivitas antara kendaraan, pengemudi dan lingkungan, serta mulai mengintegrasikan dunia digital ke dalam kendaraannya melalui fitur BMW ConnectedDrive bertahun-tahun yang lalu. BMW ConnectedDrive terdiri dari kombinasi unik antara sistem bantuan pengemudi dan layanan mobilitas, yang ditawarkan baik sebagai perlengkapan standar maupun opsional. Dengan konektivitas cerdas yang dimilikinya, all-new BMW Gran Tourer kini membawa fitur terbaik dalam kenyamanan dan teknologi infotainment untuk kendaraan di kelas kompak premium. Paket BMW Media hadir dengan layar 6,5 inci dengan CD player, iDrive controller, dan BMW Apps yang memadukan aplikasi smartphone –

seperti BMW Connected – ke dalam kendaraan yang memungkinkan adanya penambahan fitur inovatif. USB, AUX-IN, dan konektivitas audio Bluetooth memungkinkan musik untuk diputar melalui sistem pengeras suara HiFi BMW, dengan output tenaga amplifier sebesar 205 W.

 

All-new BMW 218i Gran Tourer Luxury.

Elemen garis krom pada trim eksterior melambangkan karakter elegan BMW 218i Gran Tourer Luxury. Kidney grille, sistem air intake dengan desain elegan pada bagian depan kendaraan, knalpot dan apron pada bagian belakang seluruhnya berlapiskan krom. Velg aloi desain Y-spoke 18-inci merupakan ciri khas dari Luxury Line. Pada bagian dalam kendaraan, trim interior Black high-gloss dengan garis aksen PearlGloss Chrome, memberikan penekanan pada panel instrumen dan roda kemudi yang terbuat dari bahan kulit berwarna hitam dan sporty. Karakter premium all-new BMW Gran Tourer semakin terlihat dengan jok kursi dilapisi kulit “Dakota” yang dapat disesuaikan secara elektrik, termasuk fungsi memori. Kabin kendaraan all-new BMW 218i Gran Tourer hadir semakin elegan dan premium dengan adanya ambient light.

 

All-new BMW 218i Gran Tourer Luxury Line ditawarkan dengan harga Rp845.000.000,- on- the-road Jakarta, dan dilengkapi dengan BMW Service Inclusive yang memberikan perawatan kendaraan bebas biaya selama 5 tahun atau 60.000 km, tergantung mana yang lebih dahulu, serta garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh.